Kamis, 31 Januari 2008

BERITA

Kusnida, Calon Ketua KNPI Kota Bandung

BANDUNG, (HU Pikiran Rakyat),-
Dewan Pimpinan Daerah Mahasiswa Pancasila (Mapancas) Kota Bandung merekomendasikan Dr. Kusnida Indrajaya (anggota kehormatan Mapancas Kota Bandung), sebagai calon Ketua KNPI Kota Bandung periode 2007-2010, dalam Musyawarah Kota KNPI Kota Bandung 14-15 Desember mendatang. Rekomendasi tersebut berdasarkan penskoran yang dilakukan Mapancas Kota Bandung, Jumat (16/11) di Cafe Temara, Bandung. Acara tersebut merupakan rangkaian dialog “Bedah Konsep” bertema “KNPI dan Prospek Kemandirian Pemuda”.

Dalam penskoran tersebut, Dr. Kusnida memperoleh skor 344, mengungguli tiga kandidat ketua lainnya, yakni Endang Syarif (339), Usep Kurniawan (323), dan Agus Setiabudi (320). Semula ada enam kandidat yang dijagokan, namun dua nama lainnya, Dandan R. Wardana dan Sony Bahtiar tidak hadir karena ada kepentingan.

Kriteria

Menurut Ketua DPD Mapancas Kota Bandung, Burhanuddin Hamnach, Mapancas dalam menentukan calon Ketua KNPI menggunakan sistem penskoran dengan beberapa kriteria penilaian. Di antara kriteria itu, visi dan misi untuk kemajuan pemuda, komitmen terhadap OKP--dalam hal ini Mapancas-- memiliki motivasi kuat dan penguasaan terhadap persoalan pemuda di Kota Bandung.

“Sejumlah kriteria itu menjadi dasar pertimbangan kami untuk merekomendasikan bakal calon Ketua KNPI Kota Bandung,” ujarnya.

Lewat dialog “Bedah Konsep” itu, sejumlah peserta mengkritik sikap KNPI yang dinilai sebagai corong pemerintah. Demikian pula, para peserta juga menolak calon Ketua KNPI mendatang dari unsur birokrat.

“Pada prinsipnya, rakyat membutuhkan pemimpin. Jika pemimpin yang membutuhkan rakyat, akan terjadi nominalisasi suara. Dalam hal ini, KNPI harus menghindarkan diri dari sikap pragmatisme,” kata Burhanuddin menegaskan. (A-100)***

Tidak ada komentar: